Rabu, 14 Agustus 2013

KHASIAT DAUN MELINJO

A.   Mengenal daun melinjo
Melinjo/ tangkil/ bago/ khalet, merupakan tanaman yang berasal dari jenis Gymnospermae, yang berasaldari asia tropis, melanesia, dan pasifik barat. Perkembangan tanaman ini cukup cepat. Melinjo sering disebut sebagai pemicu asam urat. Hal ini bisa dibenarkan karena buah melinjo mengandung banyak sekali purin yaitu senyawa yang mengandung nitrogen yang dihasilkan sel-sel berbeda dalam tubuh (endogen). Purin juga bisa berasal dari makanan – makanan yang mengandung purin itu sendiri (eksogen).

Asam urat adalah suatu keadaan kadara asam urat dalam darah meningkat melebih batas normal. Perlu diketahui bahwa kadar asam urat normal dalam tubuh berkisar antara 3,4-7,0 untuk laki-laki dan untuk perempuan 2-6,0 mg/dL. Asam urat ini dapat terjadi kalu purin dalam tubuh cukup tinggi. Dalam sebutir melinjo terdapat kadar purin 50-150 mg/ 100 gr bahan. Sebenarnya melinjo ini masih aman dikonsumsi bila dalam jumlah yang wajar terlebih bila melihat khasiat melinjo dan daun melinjonya sendiri. Menurut Agus siswoyo, PHd (peneliti pada universitas Jember Jawa Timur) ekstrak melinjomengandung protein cukup banya hingga 19 % sehingga memungkinkan menjadi antioksidan, selain itu kandungan protein utama pada melinjo sangan efektif sebagai pengusir radikal bebas sebagaimana yang sudah diketahui bahwa radikal bebas merupakan pemicu kanker dan proses penuan.

B.   Khasiat daun melinjo
Daun melinjo berkhasiat untuk mempercepat proses persalinan, dengan cara membersihkan daun melinjo yang tidak terlalu tua ataupun terlalu muda, kemudian iris halus. Jemur irisan daun tersebut hingga benar-benar kering. Seduh daun melinjo tersebut degan air panas seperti membuat teh lalu minumlah daun melinjo secara teratur dua kali sehari hingga usia kehamilan mencapai 8 bulan lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar