Rabu, 14 Agustus 2013

KHASIAT DAUN AVOKAD



A.   Mengenal daun avokad
Siapa yag tidak mengenal tanaman berbuah lunak yang memiliki rasa enak dan menyenangkan ini. Avokad atau alpukat merupkan tanaman khas Amerika tengah dan Meksiko. Tanaman ini berkembang hingga ke Brasil dan terbawa hingga ke Eropa dan Asia.

Avokad merupakan buah dengan kulit yang lembut sekali, bila dibelah, kita akan menemukan biji besar berwarna kecoklatan. Daging buahnya lunak dan lembut.

Pohon ini tumbuh dengan batang yang keras. Tinggi batang pohon dapat mencapai  20 meter. Avokad memiliki daun berwarna hijau dengan daun sepanjang 12-25 cm. Buah avokad berwarna hijau kekuningan dengan ukuran 5-10 mm.

Selain menyenangkan, buah avokad juga menyehatkan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah avokad mengandung beberapa senyawa, salah satunya adalah anti hiperlipidemia. Senyawa tersebut berguna sebagai anti hipertensi. Bahkan sebagian besar orang mengkonsumsi untuk mengurangi kolesterol yang ada dala tubuh mereka.

B.   Khasiat daun avokad
1.    Untuk mengobati batu ginjal
Ambil 7 lembar daun avokad segar yang telah dibersihkan. Rebus daun tersebut dengan 110 mm air. Minum dua kali sehari pada pagi dan sore hari, sekali minum 100 ml.
2.    Untuk mengobati sakit pinggang
Siapkan 5 halai daun avokad yang telah dicuci bersih, rebus bahan tersebut dalam 2 gelas air samapi airnya tinggal segelas, setelah diangkat embunkan air tersebut hingga semalam, minum keesokan harinya dan lakukanlah hingga seminggu kemudian.
3.    Untuk mengobati hipertensi
Siapkan 3 helai daun avokad yang telah dicuci bersih dan seduh dengan air panas. Diamkan terlebih dahulu hingga ramuan tersebut dingin, minum sekaligus satu kali sehari.
4.    Untuk mengobati disentri
Ambil 5 gr daun avokad segar yang sudah dibersihkan, 5 gr akar temu kelinci, 6 gr rimpang kunyit segar, 6 gr daun pegagan segar yang sudah dibersihkan, dan air 115 ml. Rebus bahan tersebut hingga tersisa 100 ml. Ramuan tersebut dibuat untuk sekali minum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar