Rabu, 14 Agustus 2013

KHASIAT DAUN CINCAU



A.   Mengenal daun cincau
Sebeagian orang jawa mengenal cincau sebagai janggelan yang merupakan sejenis tumbuhan rambat sebagai bahan dasar pembuat cincau. Di China dikenal dengan nama Xian cao. Batang tanaman ini memiliki diameter 1 cm, merambat pada pohon inang dengan panjan 5-16 meter. Dan memiliki ketinggian yang variatif antara 30 hingga 60 cm. Tanaman ini bisa tumbuh di segala tempat.

Cincau merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah didapat, karena menyebar dibeberapa daerah. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang sangat khas, menyerupai prisai dan berwarna hijau, daun cincau ini, besar, tebal, kekar, dan warnanya hijau gelap. Pertumbuhannya pesat sebentar saja sudah merambat kemana-mana.

Daun cincau tidak hanya sebagai baha dasar membuat minuman segar tetapi bermafaat juga bagi dunia kesehatan. Tidak banyak yag tahu bahwa ternyata ekstrak daun cincau ternyata mampu membunuh sel kanker darah sebesar 55-90%. Selain itu daun cincau dapat membunuh sel kanker lain sekitar 60 %. Hal tersebut cukup dijadikan bukti bahwa ternyata cincau mengandung komponen bioaktif pembunuh sel kanker, dan juga mampu menghilangka senyawa-senyawa lainnya yang berpotensi sebagai pemicu kanker. Dalam selembar daun hijau mengandung banyak sekali vitamin A, B, karbohidrat, lemak, kalsiun, fosfor, dimethylkurin-I dimetoidida (bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot) isokandodendrin (dipercaya dapat menjinakan tumor ganas) dan yang lainnya yang juga dapat berkhasiat mencegah kanker pada ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu daun cincau dipastikan mengandung kloropil yaitu zat yang memberi warna hijau pada daun. Banyak sekali sumber yang menyebutkan bahwa kloropil terebut dapat bermanfaat sebagai antioksidan, anti peradangan dan anti kanker.

B.   Khasiat daun cincau
1.    Sebagai obat anti kanker
Ambil 15 lembar daun cincau dan bersihkan, lalu masukan ke dalam mangkuk berisi ¾ gelas air, kemudian remas hingga keluar cairan hijau yang kental. Setelah kental lalu peras dan saring. Minum ramuan tersebut tanpa harus menunggu kenyal seperti agar-agar.
2.    Untuk mengobati darah tinggi
Bersihkan beberapa lembar daun cincau kemudian remas bersama 150 cc air kemudian saring dan minumlah dua kali sehari
3.    Untuk mengobati panas perut, disentri dan sariawan
Bersihkan 20 lembar daun cincau bersama satu gelas air minum, remas sampai cairan cukup kental lalu saring. Tambahkan sedikit jeruk nipis, biarkan mengental seperti agar-agar. Letakan dalam gelas kemudian tambahkan madu dan gula aren cair yang sudah direbus dengan daun pandan. Minum ramuan tersebut setiap pagi dan sore hari, ramuan ini berlaku hanya untuk satu kali minum jadi lakukanlah hal serupa pada sore harinya.
4.    Untuk mengobati bisul
Ambil beberapa lemar daun cincau, bersihkan lalu haluskan dan letakan diatas bisul. Daun cincau ini mampu membantu untuk mengeluarkan nanah tersebut.


1 komentar:

  1. Yang butuh bibit atau daun cincao bisa hubungi kami chasiapro@gmail.com atau 082136712513 @Trims Prabowo JOgja

    BalasHapus