Jumat, 16 Agustus 2013

KHASIAT DAUN SIRIH MERAH


A.  Mengenal daun sirih merah

    Tanaman sirih merah merupakan tanaman merambat, dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai tetapi warnanya merupakan campuran dari merah dan perak (bentuknya sama seperti sirih hijau). Warna perak inilah yang membuat daun sirih merah terlihat lebih mengkilat dengan daun lainnya.

    Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tannin, dan flavonoid. tannin bermanfaat sebagai penyembuh diare, flavonoid dan poliphenol berfungsi sebagai anti oksidan terbaik, eugenol sebagai penghilang rasa nyeri (analgesik), karvakol sebagai pembunuh jamur yang dianggap sebagai pemicu sariawan juga bisa mengurangi sekresi pada vagina, keputihan dan gatalgatal pada alat kelamin.

B.  Khasiatdaun sirih merah

1.   Sebagai obat herves
   Daun sirih merah mengandung zat antibiotik dan dipercaya menyembuhkan penyakit herves. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirih lalu gunakan air rebusan merah tersebut untuk mandi.

2.   Membersihkan organ kewanitaan
    Siapkan delapan lembar daun sirih merah dan cuci bersih, kemudian iris dan rebus ke dalam 800 ml air hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan ramuan tersebut untuk membersihka organ kewanitaan.

3.   Mengobati radang mata
     AmbiL 4 lembar daun sirih merah yang masih muda cuci bersih lalu rebuslah ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa satu gelas saja. Setelah matang dinginkan daun sirih tersebut dan gunakan untuk merendam mata, untuk menghindari adanya iritasi mata, gunakan ramuan ini 2-3 kali sehari dan tidak boleh lebih

4.   Mengobati sakit jantung
     Daun sirih juga sebagai alternatif untuk menyembuhkan sakit jantung, caranya sangatlah mudah yaitu dengan mengambil beberapa daun sirih erah ukuran sedang sebayak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar, cuci hingga bersih.
     Selanjutnya irislah daun sirih tersebut kecil-kecil, rebus daun sirih dengan takaran air 800 ml atau setara dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Terakhir, minumlah ramuan tersebut dengan rutin yaitu dua kali sehari dengan takaran satu gelas ramuan untuk sekali minum.

5.   Mengobati batuk dan nafsu makan
    Siapkan sepuluh lembar daun sirih merah yang masih segar, cuci bersih dan rendam ke dalam alkohol 70% selama 30 menit untuk membunuh bakteri-bakteri yang terdapat daun sirih merah tersebut. Tambahkanlahdengan 100 gr gula pasir. Rebus kedalam 4 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas saja. Jika sudah mendidih, dinginkanlah terlebih dahulu. Masukkan kedalam botol bersih, lalu minum ramuan tersebut 3 kali sehari dengan dosis 1 sendok makan untuk sekali minumnya.

6.   Sebagai obat kumur
    Obat kumur yang terbuat dari daun sirih merah sangat bermanfaat untuk penyembuhan sariawan, gusi berdarah, radang tenggorokan, dan bau mulut yang tak sedap. Cara pembuatan obat kumur tersebut sangat mudah. Cucilah terlebih dahulu daun sirih merah hingga benar-benar bersih. Rebuslah daun sirih merah tersebut ke dalam 400 ml (2 gelas) air bersih hingga tersisa satu gelas saja, dinginkan dan gunakanlah untuk obat kumur sebanyak 3 kali.

7.   Mengobati penyakit diabetes
     Petiklah 3 lembar daun sirih merah setengah tua, dan daun keenam/tujuh dari pucuk. Cuci bersih daun tersebut dan iris kecil-kecil. Rebus irisan daun sirih dengan tiga gelas air bersih hingga mendidih dan tersisa satu setengah gelas. Minumlah ramuan tersebut secara rutin yaitu sehari tiga kali (sebelum makan) sekali minum setengah gelas. Selain dengan cara tersebut, bisa menggunakan cara yang lain yaitu dengan menambahkan tanamana lain. Siapkan tiga lembar daun sirih merah ukuran sedang yag sudah dibersihkan. Siapkan juga 40 gr kulit kayu gayam yang bagian luarnya sudah dibersihkan dan 30 gr kulit kayu jamblang yang sudah dikeringkan. Kemudian seduh bahan-bahan tersebut dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Saring dan minum secara rutin yaitu sehari dua kali pada pagi dan sore hari sebelum makan. Sekali minum cukup setengah gelas.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar