Jumat, 16 Agustus 2013

KHASIAT DAUN SINGKONG

 


A.        Mengenal daun singkong

Banyakorang yang sudah mengenal singkong, salah satu makanan berkarbohidrat ini memang tergolong ke dalam salah satu tanaman yang multifungsi, selain bisa dimakan, khasiat daun singkong juga bisa dijadikan sebagai obat-obatan.

Singkong (Manihot utilissima) memang dipercaya sebagai makanan pengganti nasi, daunnya memiliki kandungan zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti kalori, fosfor, protein, hydrat arang, dan zat besi. 

Singkong termasuk dalam kelas umbi-umbian, sebagaimana yang kita ketahui bahwa umbi-umbian terbagi menjadi dua yaitu umbi batang dan juga umbi akar. Singkong merupakan umbi akar yaitu kelas umbi-umbian yang terbentuk dari modifikasi akar. Umbi akar pun masih dibagi dua yaitu umbi akar tunggal dan umbi akar serabut. Singkong merupakan salah satu contoh umbi akar serabut, sedangkan contoh dari umbi akar tunggang adalah wortel dan lobak.

Singkong mulai dikenal di Indonesia pada abad ke 18. Sejak dikenalnya singkong secara otomatis tanaman ini langsung mendapatkan tempat dihati masyarakat Indonesia. Selain mudah dalam membudidayakannya, tanaman ini juga sempat menjadi pengganti bersa di saat harga beras melambung tinggi. 

Singkong merupakan tanaman yang cukup unik. Tingginya bervariasi bisa mencapai 2-2,5 meter. Ia juga dapat tumbuh dimana saja, baik itu didataran rendah ataupun tinggi dengan ketinggian 1500 mdpl. Daun singkong memiliki khas pada daunnya yang cukup berbeda bila dibandingkan dengan daun-daun lainnya, daun singkong berbentuk jari dimana anak daun menjari dari ujung tangkai daun.

B.        Khasiatdaun singkong

1.     Obat sakit kepala
Caranya adalah : ambilah beberapa daun lembar daun singkong, cuci hingga bersih. Tumbuklah daun singkong tersebut. Setelah itu, daun singkong yang sudah dihaluskan dikompreskan ke bagian kepala yang sakit. Lakukanlah hal tersebut dengan rutin.
2.     Obat rematik
Ambil lima lembar daun singkong yang telah dibersihkan. Tumbuklah bersama dengan 15 gr jahemerah dan kapur sirih secukupnya dan tambahkan sedikit air bila perlu, setelah bahan-bahan tercampur rata maka oleskan dibagian yang terasa sakit. Lakukannla hal tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar